Featured Post 2

Marhaban. Selamat datang di forum anak-anak Selayar di perantauan. Forum Muslim Ilmiah Selayar (FORMIS)

Tidak Terlalu Pintar

Ujian kali ini sungguh memilukan. Tak ada satu soal pun yang bisa ku jawab. Jangankan menjawab benar, mengerti soalnya saja tidak. Lembaran soal ini bahkan sama sekali tak membuatku gentar. Biasanya, jika telah melihat lembar soal, saya deg-degan. Aku taku lupa satu atau dua rumus. Aku takut tak dapat menjawab dengan baik. Namun ini sungguh lain.
Mata kuliah **tik yang diajarkan oleh seorang dosen kami pada setengah semester terakhir tak membekas sedikitpun. beliau mengajar **tik dengan LMS. Learning Management System. Sebuah sistem pembelajaran Online berbasis kampus yang telah diterapkan di Unhas.
Di LMS, dosen dan mahasiswa dapat saling berdiskusi. Juga dapat bertukar bahan kuliah, memberi tugas kepada mahasiswa oleh dosen, dan lain-lain. Penentuan batas akhir pengumpulan tugas oleh
dosen dengan mudah dilakukan di siini. Seorang dosen cukup mengupload bahan, mahasiswa mendownload, mengerjakan, dan mengupload kembali untuk diperiksa dan dinilai.
Dalam kasus kami, dosen **tik mengupload bahan berbahasa Inggris. Kami harus mentranslate sebagai tugas kelompok. Bahan berbahasa Indonesia tersebut dapat dikomentari kelompok lain. Jika ada pertanyaan terhadap suatu bahan, kelompok yang bersangkutan akan menjawab. Nilainya kini per individu. Yang bertanya dan menjawab dinilai per orang.
Hingga perkuliahan menyisakan final test metode ini tetap bertahan. Malangnya diskusi yang diharapkan memperkaya pengetahuan mahasiswa tidak berjalan dengan baik. Diantara penyebabnya antara lain:


  1. Mahasiswa tidak mengerti bahan yang mereka translate. Atau tidak dapat mentranslate dengan baik sehingga kelompok lain tidak dapat menanggapi.
  2. Pertanyaan dari mahasiswa lain tidak dapat dijawab dengan baik. Atau tidak dijawab sama sekali.
Mata kuliah kami yang lain umumnya berbahasa Inggris, tetapi kami mampu belajar dengan baik. Kami dapat menjawab soal-soal ujian dengan tenang. Namun kali ini memang lain dari yang lain. Mungkin kami yang tidak terlalu pintar. Karena itu izinkanlah orang yang tidak pintar ini meminta: mohon jelaskan meski sedikit Pak.

 Kamis, 10 Rajab 1433
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Formis Official Site 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all