Featured Post 2

Marhaban. Selamat datang di forum anak-anak Selayar di perantauan. Forum Muslim Ilmiah Selayar (FORMIS)

Pandangan Mahasiswa

MEMAHAMI HUKUM menundukkan pandangan dan pentingnya menundukkan pandangan bagi seorang Muslim dan Muslimah tidaklah berarti semudah menjalankannya. Kita hidup di kampus sekuler yang tidak menjadikan agama sebagai norma. Orang-orang hidup sesuka hatinya. Yang penting tidak menganggu orang lain. Yang membatasi mereka hanyalah kebiasaan-kebiasaan dan rasa malu yang tipis, yang dibawa dari kampung masing-masing. Kontrol agama bisa dikatakan tidak berlaku sama sekali. Kecuali pada beberapa hal yang memang tampak sebagai ritual. Shalat misalnya, tidak ada yang berani mengganggu. Termasuk saat puasa dan lebaran. Semua dapat saling memahami, tetapi soal menerapkan hukum Islam dalam penentuan jadwal kuliah yang tidak bertabrakan dengan waktu shalat, adab berpakaian di kampus, pergaulan laki-laki dan perempuan, semua dikembalikan pada individu mahasiswa.

Bagi mahasiswa Muslim dan Muslimah yang menjunjung tinggi agamanya tentu bukan tempat yang cukup baik untuk belajar di lingkungan seperti ini. keimanan benar-benar diuji. Keinginan untuk tidak berbicara secara berlebihan dengan lawan jenis yang bukan mahram hampir mustahil diwujudkan. Hampir-hampir setiap hari kita diperhadapkan pada presentase yang melibatkan mahasiswa tanpa memandang perbedaan jenis kelamin. Terlebih lagi jika dosennya perempuan, mau tak mau mata ini selalu saja menatap ke depan. Meski telah sekuat tenaga ditundukkan. Ketika sesi tanya jawab tiba, kalau bukan kita yang bertanya maka kita yang ditanya. Dan menjawab serta bertanya tentu tidak lazim menundukkan pandangan. Di kelas seperti itu, ibarat makan buah simalakama.
 
Kami senantiasa berharap Allah selalu mengampuni dosa-dosa kami atas segala kelalaian mata dan lisan kami. hukum-hukum agama yang banyak dipahami setiap hari ternyata tak mampu menyelematkan kita dari kelalaian ini. kami juga tahu bahwa dosa orang berilmu lebih besar dari orang yang tidak berilmu. Maka tiada yang lain kami harapkan selain ampunan dari Rabb yang Maha Pengampun. Sungguh kami tahu, jikalau seorang hamba datang dengan dosa sebesar bumi maka Allah akan datang dengan ampunan sebesar bumi pula.
 
Semoga Allah mengampuni kita semua atas kelalaian mata kita. semoga Allah menjadikan ilmu kita berberkah. Hingga suatu saat nanti kita berguna bagi izzul Islam wal Muslimin.[]

Teras Fakultas Ekonomi Unhas, Menunggu dosen yang telat. Atau mungkin tidak datang.
Share on :

2 komentar:

Perguruan Swasta Indonesia mengatakan...


http://student.blog.dinus.ac.id/c11eddomarselo28/2016/10/19/5-top-jajanan-enak-di-kota-semarang/ YUK KULINER DI SEMARANG

Unknown mengatakan...

Salam kenal. Numpang Promosi, ya

cc: http://student.blog.dinus.ac.id/sasjepyusufal/2016/11/13/cara-mudah-menyelesaikan-rubik-3x3-untuk-pemula/

Posting Komentar

 
© Copyright Formis Official Site 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all