Featured Post 2

Marhaban. Selamat datang di forum anak-anak Selayar di perantauan. Forum Muslim Ilmiah Selayar (FORMIS)

Bukan Karena Pasir


Suatu hari setelah kuliah, saya duduk dengan teman-teman di teras trotoar kampus. Kebiasaan ini saya lakukan agar kami lebih dekat sebagai peluang berdakwah kepada mereka. Tiba-tiba lewat di depan kami 2 orang muslimah berjilbab ‘yang benar jilbabnya’. Teman-teman tak ada reaksi. Aku pun bertanya pada salah seorang teman di sampingku, “Fulan, kamu mau istrimu nanti berjilbab yang benar?”
“Anu Yudi, e,e,.. menurutku itu budaya Arabji,” jawabnya ragu.
Aku menimpali “Budaya Arab?”
“Iyo to, itu budaya Arab ji. Kan di Arab itu padang  pasir jadi debu di mana-mana makanya perempuan-perempuannya berjilbab ‘besar’ dan bercadar”. Tampaknya ia cukup yakin dengan pernyataan ini.
Pernyataan tadi di dengar teman-teman yang lain sehingga rasanya aku perlu memperdengarkan jawabanku kepada mereka. Dengan suara cukup besar kukatakan, “Jika memang karena debu dan pasir, bukankah yang paling pantas berjilbab dan bercadar adalah lelaki?”
“Iya ya.”
Ia tersenyum, tersipu malu.
“Lelaki Arab kala itu adalah orang yang rajin jalan ke pasar dan berperang. Jadi mereka paling sering terkena debu atau pasir. Tetapi faktanya mereka tidak berjilbab. Islam juga tidak memerintahkan mereka berjilbab. Wanita yang lebih banyak tinggal di rumah justru disyariatkan berjilbab. Bukankah ini jelas bukan karena pasir atau budaya Arab?”
Ia hanya tersenyum malu dan mengangguk-angguk. Teman-teman yang lain hanya tersenyum tak dapat berkata-kata.
Kawan, Islam ini indah. Janganlah kita tidak mau menikmati keindahan itu dengan ego dan hawa nafsu kita. Allah telah menyiapkan hidangan berupa syariat mulia yang akan memuliakan diri kita, saudara-saudara perempuan kita, ibu-ibu kita, lalu mengapa kita harus mencari-cari alasan untuk menghindar dari kemuliaan ini? Sungguh, seorang anak kecil akan memilih permen paling cantik warna dan paling enak rasanya di antara banyak permen. Lalu mengapa orang dewasa yang berakal memilih wejangan buruk sebagai ganti hidangan yang lezat?
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. 33: 59)
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Formis Official Site 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all