Featured Post 2

Marhaban. Selamat datang di forum anak-anak Selayar di perantauan. Forum Muslim Ilmiah Selayar (FORMIS)

Membentuk Da'i Baru

Selasa, 15 Rajab 1433, di Mesjid Darul Ilmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, kami menggelar musyawarah konsolidasi mempersiapkan penyambutan mahasiswa baru dan desain pengkaderan satu periode ke depan. Dihadiri oleh ketua umum, MSO, dan beberapa anggota.  Beberapa pengurus berhalangan hadir karena sudah lebih awal pulang kampung setelah final test.
Mahasiswa baru 2012 merupakan aset berharga yang patut ditadah dengan baik. Dibutuhkan sumber daya yang handal yang mampu merekrut mereka menjadi orang-orang baru yang bertakwa kepada Allah dan mau bergabung dalam kafilah dakwah. Sebab itu, mulai penyambutan hingga mereka benar-benar kuliah sudah harus masuk dalam tahapan pengkaderan.
Hal utama yang patut dibenahi adalah pengurus sendiri. Tanpa pengurus yang militan kita sangat susah menggerakkan kader. Tidak boleh ada lagi pengurus yang terlambat datang hanya karena urusan remeh-temeh. Kita butuh orang-orang yang mampu mendekati maba secara personal. Kita butuh ikhwa yang mampu menggelar acara menarik. Kita butuh banyak ide pengkaderan. Sebab itu, tak boleh tidak, untuk melatih militansi, ukhuwah, kapasistas ilmu, tarbiyah dan perkumpulan-perkumpulan antar pengurus fakultas dan fakultas-fakultas lain harus senantiasa digalakkan.
Tarbiyah semestinya terlaksana satu pekan sekali. Ikhwa yang tidak hadir tarbiyah perlu mendapat follow up lebih. Minimal mendapat materi dari ikhwa lain. Atau ada tugas dari murabbi atau naqib.
Perkumpulan-perkumpulan bisa dalam bentuk olah raga bersama atau rihlah. Atau yang paling sering, pelibatan dalam kepanitiaan besar. Semoa bentuk perkumpulan seperti ini insya Allah sudah cukup mengeratkan ukhuwah dan melatih militansi.
Kata salah seorang senior, hal terbaik untuk mengaktifkan seseorang adalah mengajaknya berpikir dan memberinya amanah. Karena itu, angkatan 2011 yang kita harapkan dapat mengkader angkatan 2012 sudah harus berpikir konsep dan mendapat amanah-amanah penting. Mereka sudah dapat dijadikan ketua panitia atau konseptor acara. Adapuan senior angatan 2010 ke atas cukup mendampingi, tidak perlu dibuatkan SK dari ketua umum. Dengan cara ini insya Allah mereka akan merasa penting dan paling utama dalam kegiatan tersebut. Sehingga militansi dan loyalitas mereka dapat diberikan pada kafilah dakwah ini.
Adapun design pengkaderan satu tahun ke depan kita beri nama-nama unik seperti “Pembinaan Islam dan Konsultasi Akademik”, “Pembinaan Islam dan Pendampingan Akademik”, atau yang lainnya. Itu untuk skala universitas. Lalu program perekrutan ini ditadah masing-masing fakultas. Dengan nama yang sama atau berbeda. Misal di fakultas ekonomi dapat dibuat program “Center for Islamic and Economic Studies”. Fakultas hukum dapat mencanangkan program “Center for Islamic and Law Studies”, atau yang lainnya. Menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kampus.
Kita juga perlu menghilangkan citra eksklusif pada masing-masing individu dan organisasi. Sehingga orang akan lebih mudah bergaul dengan kita. Sesuai nasehat Wakil Rektor 3, orang-orang baik jangan hanya mau bergaul dengan orang-orang baik saja. Sebab katanya, siapa yang mau menasehati mereka kalau bukan orang-orang baik itu.
Wallahu ‘a lam
Semoga Allah menolong usaha-usaha kita dan mengikhlaskan hati kita dalam berdakwah di jalanNya.
Mesjid al-Mubaraqah
16 Rajab 1433
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Formis Official Site 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all