Featured Post 2

Marhaban. Selamat datang di forum anak-anak Selayar di perantauan. Forum Muslim Ilmiah Selayar (FORMIS)

Tips Bercita-Cita

Entah banyak diantara manusia yang keranjingan ikut training motivasi namun masih belum termotivasi, belum dapat mengejar terget sesuai harapan, semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat. Inilah tips singkat meraih cita-cita:
Pertama, tetapkan niat karena Allah. Jika dari awal niat hanya untuk kesenangan dunia, capaian yang besar justru bisa menjadi petaka. Kalau bukan di dunia maka di akhirat nanti. Niat yang ikhlas juga memacu semangat untuk tetap berusaha dengan tetap memperhatikan rambu-rambu syariat.
Kedua, tetapkan tujuan tertinggi yaitu surga. Cita-cita tertinggi kita adalah surga. Adapun cita-cita dunia adalah cara kita menuju surga itu. Misalnya di dunia ini, bercita-citalah untuk dapat menghafal Al-Qur’an selama 9 bulan. Atau sudah mengkhatamkan kitab-kitab tauhid selama 1 tahun, memperbaiki kurikulum sekolah yang sekuler, dan lain-lain.
Ketiga, isi hari-hari dengan kesibukan mencapai cita-cita itu. Kalau Anda bercita-cita menghafal Al-Qur’an, maka setiap hari sudah harus punya target misalnya 1 lembar hafalan perhari. Setiap selesai shalat tahajjud mulailah menghafal sampai setelah shalat shubuh. Lalu sepanjang hari di setiap kesempatan murajaah sesering mungkin. Ba’da maghrib bisa diperdengarkan apda orang lain atau pembimbing. Juga membantu kita menghafal bila selalu dengan para penghafal.
Keempat, istiqamah. Semangat harus tetap menyala. Membara. Hingga cita-cita itu tercapai. Lalu cita-citakanlah yang lebih besar dari itu.
Mesjid darul Ilmi FEB Unhas
Rabu, 23 Rajab 1433
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Formis Official Site 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all