Featured Post 2

Marhaban. Selamat datang di forum anak-anak Selayar di perantauan. Forum Muslim Ilmiah Selayar (FORMIS)

MATIKAN LAMPU SAAT TIDUR

Matikanlah lampu saat tidur karena ia adalah sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Ibnu Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Janganlah kalian meninggalkan api yang menyala ketika kalian tidur” (HR. Bukhari 6293)

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam ketika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana, serta makanan dan minuman kalian” (HR. Bukhari 6296 dan Muslim 2012)

Imam Al-Qurtubhi berkata:

“Berdasarkan hadist ini apabila orang tidur sendirian sedangkan api masih menyala di dalam rumahnya hendaklah ia mematikan terlebih dahulu sebelum tidur. Demikian pula apabila di rumah terdapat beberapa orang hendaklah orang yang terakhir melakukannya. Barangsiapa yang meremehkan hal ini maka sungguh ia telah menyelisihi sunnah” (Fathul Baari 11/103) 

Hikmah mematikan lampu saat tidur ternyata sangat besar. diantaranya karena tubuh kita membutuhkan pergantian sel baru setiap hari saat tidur di malam hari. Penyegaran seperti ini hanya akan terjadi ketika tidur dan gelap. Bukan dengan cahaya terang. Selanjutnya dapat bertanya ke dokter tentang hormon tertentu yang dihasilkan saat tidur dan gelap itu..

Singkatnya, jangan ada lagi yang beralasan bahwa kalau lampu dimatikan akan susah bangun subuh. Sebab upaya bangun shalat shubuh tidaklah membuat seseorang melanggar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Orang yang cerdas tentu menginginkan win-win. Tidur dengan mematikan lampu namun tetap bangun subuh. temukanlah cara lain misalnya dengan membunyikan alarm atau tidak makan kekenyangan. Insya Allah akan lebih mudah bangun Subuh. 

Semoga bermanfaat. 
Wallahu a'lam

Mesjid Al-Mubaraqah
Selasa, 15 Rajab 1433


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Formis Official Site 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all